Dikenal Tinggi Kolesterol, Santan Punya 5 Manfaat untuk Tubuh

Santan adalah ekstrak buah kelapa tua yang seringkali dipakai sebagai bahan dari banyak menu makanan Indonesia. Sebut saja diantaranya adalah gulai, rendang dan bahkan opor dan kolak yang umumnya ditemui di bulan Ramadhan pun menggunakan santan.

Di dunia kesehatan sendiri, santan dikenal mengandung kolesterol yang tinggi. Sehingga pada beberapa pemeriksaan, banyak orang yang dilarang untuk mengkonsumsi makanan berbahan santan ini. Meski demikian, bukan berarti santan tidak punya manfaat bagi kesehatan. Berikut 5 manfaat santan kelapa untuk tubuh kita :

1. Menurunkan Berat Badan

Para peneliti menemukan fakta bahwa santan adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk diet. Pasalnya, ekstrak kelapa ini mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Dimana kandungan ini bekerja untuk menurunkan berat badan serta lingkar pinggang dibandingkan dengan bahan lemak lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bahwa seorang pria yang ingin diet dengan mengkonsumsi santan justru mendapati dirinya memiliki nafsu makan yang rendah.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan

Santan juga mengandung zat asam laurat yang berfungsi mendukung sistem kekebalan tubuh. Zat ini sendiri bersifat seperti antimikroba dan anti-imfalamasi dan juga menghambat strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis dan Streptococcus pneumoniae untuk tumbuh. Dimana hal ini jelas membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

3. Menurunkan Tukak Lambung

Penelitian yang diterbitkan di Phytotherapy Research menyebutkan bahwa air kelapa mempunyai sifat antiulcerogenik yang punya kemampuan menekan pertumbuhan borok pada lambung dan juga memperkecil ukurannya.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung adalah manfaat lain dari santan. Hal ini didasari pada adanya asam laurat pada santan. Berdasarkan pada peneliatian yang diterbitkan di ournal of Nutrition and Metabolism ditemukan fakta bahwa bubur kelapa mampu menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan juga meningkatkan kolesterol HDL (bak) setidaknya sebesar 18%.

5. Menurunkan Darah

Santan juga mengandung kalium, natrium, kalsium dan juga zat besi. Dimana keempat zat ini mampu membantu menurunkan tekanan darah. Dimana zat ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks dan bebas penyumbatan.

Namun, ingat jangan konsumsi makanan berbahan santan berlebihan. Keran sesuatu yang berlebihan akan memberi dampak yang tidak baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.